Senin, 27 April 2015

FUNGSI VACUUM BREAKER

    Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia kata "vacuum breaker" berarti pemecah hampa. Lalu apa pentingnya alat ini bagi instalasi pipa air bersih kita.
    Bila kita memiliki instalasi pipa yang nemiliki beda ketinggian tentunya kita pernah mengalami arus balik (back flow). Arus balik terjadi saat suplay air mati tapi ada beberapa kran atau valve yang masih terbuka.  Jika valve ini berada pada ketinggian yang berbeda,  maka valve yang ada diatas akan ada gejala tersedot.  Bagaimana bila yang tersedot itu adalah air bekas cucian (waste water)? Atau mungkin water trap pada closet?
Maka air kotor tadi akan masuk pada instalasi pipa air bersih kita. Dan akibatnya akan merusak kuwalitas air bersih karena tercampur dengan air kotor tadi. 

    Disinilah vacuum breaker berfungsi,  yaitu mencegah terjadinya arus balik pada instalasi air bersih. 
Cara kerjanya adalah katup vacuum breaker akan menutup bila tekanan dalam pipa air bersih berbalik arah. Seperti pada gambar C adalan menuju saluran air bersih,  bila arah alian air berbalik masuk (keatas red) maka udara yang ada di posisi A akan medorong katup kesamping kanan hingga menutup saluran.   Dan akibatnya air kotor dari arah B akan terhambat dan tidak dapat masuk. 

3 komentar:

  1. Apa alat ini di toko mudah didapat ya? Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Vacuum breaker ini sama seperti tusen klep? Atau istilahnya dalam migas check valve...

    BalasHapus