Jumat, 21 Oktober 2011

Renungan

AIR BERSIH
       
           Air merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting. Tanpa air minum manusia akan meninggal dalam tempo kurang dari satu minggu. Hal ini wajar karena air merupakan komponen utama tubuh manuasia yaitu sebesar 65% dari berat tubuh manusia. Berdasarkan hal itu maka sudah seharusnnya  bila manusia sangat mendambakan air bersih sebagai air minum.
            Namun masa sekarang ini proses penyediaan air bersih sebagai air minum ataupun keperluan manusia lainya semakin sulit dipenuhi. Hal ini karena semakin banyaknya sumber air yang sudah rusak. Ini terjadi kerena ulah manusia yang kurang menyadari bahwa beberapa perilakunya telah merusak sumber air bersih. Seperti perilaku pembangunan pemukiman di daerah resapan air, pencemaran sungai oleh limbah industri dan rumah tangga.



            Masyarakat harus bersiap-siap untuk membayar mahal setiap titik air bersih yang digunakan. Beberapa tahun mendatang harapan manusia untuk mendapat sumber air bersih akan semakin sulit dipenuhi menggingat sudah semakin rusaknya sumber air tanah .
            Sebenarnya beberapa Negara sudah tanggap mengenai masalah mahalnya air bersih. Bahkan sudah beberapa puluh tahun lalu pemerintah Perancis sudah memberlakukan sangsi bagi warganya yang melakukan pemborosan air bersih.

Seorang wanita perancis pernah dikenakan sangsi oleh pemerintah Perancis karena tertangkap saat menyiram bunga menggunakan air ledeng.

Bagaimana dengan negara kita ? 

            Menurut laporan WHO , di Negara-negara berkembang sedikitnya 30.000 orang meninggal setiap harinya karena kekurangan air bersih dan fasilitas sanitasi yang kurang bersih.
Melihat hal ini kita sepertinya kita harus segera mengambil lagkah-langkah untuk mengatasinya. Minimal memperkecil setiap perusakan terhadap sumber air bersih kita.
Sebagai waga masyarakat biasa, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi sulitnya sumber air bersih :
  1.    Jangan berlebihan menggunakan air tanah.
  2.    Hemat penggunaan air bersih. ( Water Saving )
  3.    Usahakan disekitar halaman kita terdapat tanah terbuka.
  4.    Jangan membuang sampah atau limbah ke sungai.
Rasanya langkah diatas belum cukup untuk mengatasi tapi setidakknya sudah dapat membantu mengurangi perusakan sumber air bersih kita.
           Selamat mencoba..
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar